Home » » Dampak Pembangunan Waduk Jatigede, Harga Tanah Lingkar Jatigede Tinggi

Dampak Pembangunan Waduk Jatigede, Harga Tanah Lingkar Jatigede Tinggi

Dampak dibangunnya Proyek Waduk Jatigede (PWJ), harga tanah lingkar bendungan Jatigede itu terus naik. Lokasi tanah di ketinggian lingkar bendungan akan menjadi semenanjung indah untuk memandang alam lepas ke arah bawah.Camat Jatigede Yaya Oka melalui Kepala Seksi Pelayanan Umum (Kasi Yanum) Uud Wahyudin menjelaskan, pada 2009 lalu rata-rata harga tanah lingkar bendungan Rp 1,3 juta per bata. Sedangkan pada 2011 naik menjadi Rp 1,8 juta perbata dan pada 2013 sekarang naik lagi menjadi Rp 2,5 juta perbata.

“Sehingga pada 2015 nanti saat bendungan sudah beroperasi harga tanah bisa mencapai di atas Rp 3 juta perbata,” paparnya.

Para investor luar daerah Sumedang sudah pada membidik dan membeli tanah di lokasi itu. “Mereka (investor luar daerah Sumedang) berani membeli harga mahal, sehingga harga tanah di sini jadi naik terus,” sebut Uud. Belum ada kejelasan maksud dan tujuan yang pasti mengenai tanah yang dibeli oleh para investor tersebut.

Uud memprediksikan, kemungkinan area lingkar bendungan akan dijadikannya ajang bisnis berupa galeri, kios-kios, rest area dan vila. “Sekarang belum pada buka karena masih sepi,” imbuhnya. Alternatif berikut, selain untuk membuat bangunan juga untuk spekulasi jual beli tanah atau sekedar menanamkan investasi.

Berita Lainnya :


Share Artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2014. Media Nurani Sumedang - All Rights Reserved