PKPI Sumedang Mendaftar ke KPU Sumedang Pukul 15.00

Selasa, 23 April 2013

Sumedang Kota - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mendaftar ke KPU Sumedang pukul 15.00 sesuai dengan nomor urutnya nomor 15. Partai ini juga menargetkan meraih 15 kursi di DPRD.

Partai ini mendaftarkan 30 orang calegnya yang terdiri atas 11 orang perempuan dan 19 orang laki-laki. Partai yang juga telah lolos dari verifikasi peserta pemilu ini mendaftarkan caleg dari gabungan beberapa partai.

“Sesuai intruksi dari pusat, caleg-caleg yang kami daftarkan merupakan caleg gabungan dari beberapa partai seperti PKPB, PPRN, dan PDS, semuanya bergabung untuk menjadi satu dan memajukan Sumedang,” kata Komar, Ketua DPC PKPI Sumedang.

PKPI daftar dengan diantar sekitar 10 orang calegnya. Karena merupakan caleg gabungan dari partai-partai lain yang tidak lolos peserta pileg, beberapa tokoh dari partai lain pun ikut mendukung pencalonan ini. [media center]

Baca Selanjutnya ► | komentar

Partai Golkar Sumedang Mendaftar Paling Akhir

Sumedang Kota - Partai Golkar menjadi partai terakhir yang mendaftarkan calegnya ke KPU Sumedang, Senin 22 April 2013. Partai dengan suara terbanyak ke dua pada Pileg 2009 lalu ini mendaftarkan sebanyak 50 orang caleg yang terdiri atas 17 orang perempuan dan 33 orang laki-laki.

Ketua DPC Partai Golkar Sumedang Taufiq Gunawasyah didampingi Sekretaris DPC Partai Golkar Yogi Yaman Sentosa hadir langsung untuk menyerahkan pencalonan. Tak hanya itu, kedua unsur pimpinan partai ini turut menjadi caleg dalam daftar caleg partai kuning ini.

“Inilah caleg-caleg dari partai Golkar termasuk kami berdua ini,” kata Taufiq dalam keterangan persnya yang didampingi sekretaris dan para caleg.

Partai ini mempunyai target maksimal sebanyak 15 kursi dan target minimal 13 di DPRD Sumedang. Target tersebut akan diraih Golkar dengan cara mengefektifkan kampanye caleg di setiap dapil. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

Partai Amanat Nasional Sumedang mendaftarkan 50 Orang DCS Ke KPU


Sumedang Kota - Partai Amanat Nasional (PAN) mendaftarkan 50 orang DCS dengan naik angkutan kota (Angkot), Senin 22 April 2013. Dari 50 orang tersebut, ada 32 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Parpol dengan nomor urut delapan ini menargetkan meraih delapan kursi dalam pileg 2014 mendatang.

Dalam konferensi persnya, Ketua DPC PAN Sumedang Dudi Supardi mengatakan kualitas menjadi hal utama dalam pencalonan legislatif ini. Mengingat dari pencalonan legislatif sebelumnya, PAN kurang memperhatikannya karena belum terlalu mempunyai banyak pengalaman.

“Kami mengutamakan kualitas caleg dalam pencalonan ini, hal ini karena kami ingin menyuguhkan alternatif bagi warga Sumedang agar mau menjatuhkan pilihan pada pattai berlambang matahari bersinar ini,” kata Dudi.

Para caleg yang bergabung, lanjut Dudi, mempunyai motivasi kuat untuk mengabdi kepada masyarakat. Sedikit gambaran profil caleg PAN adalah satu orang sedang kuliah S3 dan lima orang pernah dan sedang kuliah S1. Sementara komposisi pekerjaan atau latar belakang calon adalah sebanyak 34 orang berasal dari kader PAN, 10 orang tokoh masyarakat, kader partai lain yaitu PBR tiga orang, dan dua orang mantan tim pemenangan bupati dan wakil bupati. Selain itu, mantan calon wakil bupati Arrys Sudrajat bergabung menjadi caleg dari partai ini.

Caleg PAN juga diikuti  tiga orang mantan kades, tiga orang pensiunan TNI/POLRI, dan beberapa orang lainnya merupakan profesional.

KPU segera melakukan verifikasi berkas administrasi bakal caleg PAN. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

Partai Nasdem Sumedang 19 Caleg Perempuan


Sumedang Kota - Partai Nasdem melengkapi berkas persyaratan yaitu berkas pendaftaran dari masing-masing caleg pada pukul 14.30, Senin 22 April 2013. Sebelumnya, partai bernomor urut satu ini mendaftar ke KPU pada pukul 10.00 tanpa berkas caleg melainkan hanya menyerahkan model B dan BA yaitu formulir pengantar pengajuan caleg dari partai dan daftar caleg partai.

“Sesuai janji kami, maka saat ini kami menyerahkan berkas caleg kepada KPU untuk segera didaftarkan dan diproses,” kata Asep Surahmat Sekretaris DPC Partai Nasdem.

Ada 50 orang caleg yang didaftarkan partai baru peserta pemilu ini. 19 orang diantaranya adalah caleg perempuan. Ke-50 orang caleg ini dipersiapkan partai sejak satu bulan lalu atau setelah ada informasi dari KPU tentang pencalonan.

“Kami baru menyiapkan caleg baru satu bulan lalu karena sebelumnya kami harus  merapikan dulu kelembagaan mengingat sejak berdirinya partai ini terus mengalami perubahan kepengurusan partai baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa,” kata Asep.

Asep melanjutkan, dengan adanya perubahan tersebut otomatis mengubah nama-cama caleg yang sedianya memang sudah harus dipersiapkan dari awal. Partai ini menargetkan kursi sebanyak-banyaknya di DPRD.
KPU menerima berkas dan akan melakukan verifikasi admistrasi. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

PKB Sumedang Didominasi Caleg Pendidik


Diiringi musik samroh, PKB menyerahkan DCS ke KPU, Senin 22 April 2013. Parpol dengan nomor urut dua ini mendaftarkan 50 caleg dengan jumlah caleg perempuan sebanyak 17 orang. Pada Pileg 2014 nanti, PKB menargetkan menjadi partai di posisi dua besar sesuai dengan nomor urutnya.

“Kami menargetkan partai kami berada pada posisi dua besar dalam hal perolehan suara terbanyak pileg nanti,” kata Didi Suchrowardi, Ketua DPC PKB Sumedang.

Saat ini, PKB mempunyai satu kursi di DPRD Sumedang. Namun pada 2014 nanti, partai yang sebagian besar calegnya merupakan pendidik ini menargetkan kursi sebanyak 20 kursi.  
   
“Ini optimisme kami dan motivasi kami dalam hal target kursi, semoga dimudahkan saja,” kata Didi.

Disebutkan Didi, tenaga pendidik yang menjadi caleg dari partai ini adalah tenaga pendidik formal dan non formal seperti guru madrasah, guru pesantren maupun seorang kyai, ustad dan pengajar lainnya. Namun, tenaga pendidik tersebut merpakan bagian dari partai yang menduduki posisi struktural partai. Ada 16 orang kader struktural partai yang menjadi caleg dari partai ini. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

KPUD Sumedang Terima 552 Balon Caleg Dari 12 Parpol

KPU menerima 552 bakal calon legislatif (caleg) yang diusulkan 12 parpol. Dari dua belas parpol itu hanya tiga parpol yang tidak mengajukan 100 persen jumlah kursi. Hanura hanya mengajukan 38 kursi, PBB (34) dan PKPI (30). Para caleg itu akan memperebutkan 50 kursi di DPRD Sumedang.

“Sampai batas penutupan, KPU menerima pendaftaran dari 12 parpol dengan jumlah bakal caleg 552 orang,” kata Asep Kurnia, Ketua KPU, Senin 22 April 2013.

Menurutnya dari sejumlah bakal caleg itu jumlah caleg perempuan mencapai 199 orang. “Jumlah ini meningkat dibanding pemilu sebelumnya karena saat ini ada kewajiban harus memenuhi tiga puluh persen keterwakilan perempuan,” katanya.

Disebutkan KPU akan melakukan pemeriksaan administrasi terhadap berkas pengajuan bakal caleg. “Kami akan melakukan pemeriksaan adminitistrasi kelengkapan persyaratan sampai 7 Mei,” katanya.

Setelah diverifikasi, berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan ke parpol untuk dilengkapi. “Prosesnya masih cukup panjang dan saya melihat masih banyak persyaratan yang belum lengkap,” katanya. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

Partai Hanura Sumedang Mendaftarkan 38 DCS ke KPU


Partai Hanura mendaftarkan 38 DCS ke KPU pada hari terakhir pendaftaran calon legislatif, Senin 22 April 2013, pukul 09.50. Partai yang kini mempunyai dua kursi di DPRD ini datang tanpa disertai dan diikuti caleg-calegnya. Pendaftaran hanya dilakukan ketua dan sekretaris partai.

Pendaftaran langsung diterima Ketua KPU Asep Kurnia dan jajarannya untuk langsung diproses. "KPU sudah menerima pendaftaran caleg dari Partai Hanura dan selanjutnya akan kami lakukan penelitian terhadap pendaftaran ini," kata Asep.

Dalam konferensi persnya, Ketua DPC Partai Hanura Zulkipli M Ridwan menyebutkan Partai Hanura mempunyai rumus N+1 dalam pendaftarannya. Artinya, setiap anggota legislatif yang sudah mempunyai kursi akan bertambah satu lagi kursi yang akan dimenangkan dalam pileg nanti. Selain itu, setiap caleg yang didaftarkan akan mempunyai kursi di DPRD.

"Dengan rumus ini nanti partai Hanura akan lebih maksimal lagi menyuarakan aspirasi rakyat mengingat banyak anggotanya di DPRD," kata Zulkifli.

Dari 38 caleg yang didaftarkan Hanura,  15 orang diantaranya caleg perempuan. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

Partai Gerindra Sumedang Serahkan Daftar DCS

Senin, 22 April 2013

Sumedang Kota - Gerindra menjadi parpol  kelima yang menyerahkan DCS ke KPU, Minggu 21 April 2013. Sampai satu hari menjelang penutupan penyerahan berkas DCS sudah enam parpol yang menyerahkan ke KPU.

"Kami memohon maaf, menyerahkan DCS menjelang akhir pendaftaran," kata Yan  Alamsyah, Ketua DPC Gerindra saat menyerahkan DCS dan diterima Ketua KPU, Asep Kurnia.

Gerindra menyerahkan 50 DCS dengan 33 caleg laki-laki dan caleg perempuan 17 orang. "Gerindra sudah memenuhi persyaratan caleg perempuan dan kami menargetkan meraih dua kursi di setiap dapil," kata Aef Wahito, Sekretaris DPC Gerindra.

Menurutnya, Gerindra sangat diminati caleg yang mendaftar mencapai 112 orang. "Mereka yang memilih kami. Ada lima kades yang jadi caleg dan satu orang pejabat eselon dua yang sedang proses pensiun dan bidan yang juga PNS tapi sudah mengundurkan diri," katanya.

Ketua KPU, Asep Kurnia mengatakan KPU akan melakukan pemeriksaan berkas. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

Partai Demokrat Sumedang Jalan Kaki Daftar DCS

Sumedang Kota - Partai Demokrat harus menunggu beberapa menit karena saat mendaftarkan DCS pas masuk waktu istirahat, Minggu 21 April 2013 pukul 12.00. Partai dengan nomor tujuh ini menyerahkan 50 DCS ke KPU.

"Jumlah caleg perempuan mencapai 30 persen dan jika ada kekurangan dalam persyaratan maka kami siap memperbaikinya," kata Ketua DPC Demokrat, Syahromi saat menyerahkan DCS yang diterima Ketua KPU, Asep Kurnia.

Demokrat memiliki enam kursi di DPRD saat ini. "Namun satu anggota DPRD, Pak Sarnata tidak maju lagi. Jumlah caleg perempuan sebanyak 18 orang dan laki-laki 32 orang," kata Otong Dartum, sekretaris DPC Demokrat.

Rombongan Demokrat ini berjalan kaki dan naik delman dari kantor DPC yang berjarak sekitar 500 meter ke kantor KPU. Mereka membawa spanduk bertuliskan, dengan semangat hari Kartini, Partai Demokrat siap melanjutkan bakti untuk ibu pertiwi.

Partai yang berhasil menempatkan kadernya sebagai Wakil Bupati Sumedang terpilih ini menargetkan meraih kursi 12 kursi. "Demokrat menargetkan meraih dua kursi di setiap daerah pemilihan," kata Otong.

Ketua KPU Asep Kurnia mengatakan KPU akan melakukan pemeriksaan terhadap berkas persyaratan caleg. "Kami akan memeriksa berkas persyaratan dan jika ada kekurangan masih bisa diperbaiki," katanya. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

Partai Bulan Bintang Sumedang Serahkan 34 DCS

Sumedang Kota - Partai Bulan Bintang (PBB) yang memiliki nomor urut 14 menyerahkan DCS ke KPU, Minggu 21 April 2013 pukul 11.30. DCS yang diserahkan semuanya wajah baru karena dua anggota DPRD yang sekarang tidak lagi mencalonkan.

"Semua calon wajah baru karena dua orang anggota Dewan saat ini tak maju lagi," kata Ending Ahmad Sadjidin dari PBB.

PBB menyerahkan 34 DCS dengan 19 caleg laki-laki dan 15 caleg perempuan. "Kami ingin kursi PBB naik dari dua kursi di DPRD. Kami ingin setiap daerah pemilihan memiliki kursi," katanya.

Penyerahan DCS PBB diterima Hersa Santosa, anggota KPU KPU bidang hukum dan data. "DCS ini akan diumumkan ke publik pada 13 Juni dan jika ada masukan dari masyarakat terkait caleg maka KPU akan berkonsultasi dengan parpol. Apakah akan diganti atau tidak," kata Hersa.

Menurutnya, jika ada caleg yang tak memenuhi syarat maka caleg tersebut bisa diganti. "Kesempatan diganti hanya satu kali dan jika tidak memenuhi syarat maka akan dicoret oleh KPU," katanya. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

PDIP Menyerahkan 50 Caleg ke KPU

Sumedang Kota - PDI Perjuangan menyerahkan 50 caleg ke KPU, Minggu 21 April 2013 pukul 10.15. Penyerahan DCS dilakukan Plt DPC PDI Perjuangan, Ineu Purwadewi dan sekretaris Dadang Kusna Effendi. Penyerahan DCS diterima ketua KPU Asep Kurnia dan anggota KPU.

"KPU akan memeriksa berkas pencalonan dan nanti akan memberitahukan apa saja kekurangan dari persyaratan," kata Ketua KPU Asep Kurnia.

Disebutkan, bagi caleg yang belum memenuhi persyaratan kesehatan jasmani dan rohani maka haru segera dilengkapi. "Bagi yang belum membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani bisa dilakukan di RSU pemerintah. KPU tidak mengarahkan tapi harus dibuat di rumah sakit pemerintah," katanya.

PDI Perjuangan menyerahkan DCS terdiri dari 33 caleg laki-laki dan 17 caleg perempuan. "PDI P sudah melebihi 30 persen caleg perempuan," kata Ineu.

Untuk pemilu 2014 itu, PDI P menargetkan meraih 18 kursi di DPRD Sumedang atau meningkat dari sebelumnya yang memperoleh 13 kursi. "Kami ingin setiap daerah pemilihan itu meraih 2-3 kursi," katanya. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

Caleg Partai Persatuan Pembangunan Sumedang Bawa Keluarga

Sumedang Kota - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyerahkan daftar caleg sementara (DCS) ke KPU, Minggu 21 April 2013 pukul 09.00. PPP naik 34 delman dan juga mobil seerta motor. Selain mmebawa semua caleg yang berjumlah 50 orang, keluarga caleg juga dibawa serta.

Rombongan yang mengenakan kaus dan jekt berwarna hijau ini diterima Ketua dan Anggota KPU di Aula. "PPP menjadi parpol kedua yang menyerahkan DCS dan kami akan melakukan pemeriksaan berkas untuk melihat kelengkapan persyaratan," kata Asep Kurnia, Ketua KPU.Verifikasi dilakukan 23 April-6 Mei.

Ketua DPC PPP, Dony Ahmad Munir mengakatan menyerahkan 50 caleg. "Sebanyak 17 orang caleg perempuan atau 34 persen. gender sudah terpenuhi," kata Dony yang menargetkan PPP memenangkan pemilu dnegan meraih 10-14 kursi.

PPP mencalonkan empat anggota DPRD saat ini, lima kades, 2 mantan kades dan sisanya pengusaha sampai guru serta wirausaha. "Dari 50 calon itu dua orang berlatar S2, 40 SI dan sisanya SLTA sederajat," katanya.
Baca Selanjutnya ► | komentar

Rumah Keluarga Besar H. Onih (Alm) Di Panyingkiran Kebakaran

Jumat, 12 April 2013

Berita Sumedang - Sekitar jam 5.30 Rumah Keluarga Besar H. Onih (alm) Kebakaran yang berlokasi di Panyingkiran RT 02 RW 04 Kotakaler Sumedang dekat dengan rumah keluarga Wilujeng.
"Kebakaran berasal dari rumah belakang yaitu dapur" Kata seorang Warga.
"Untuk saja api berhasil segera dipadamkan oleh petugas damkar Sumedang dan tidak membabat rumah-rumah di sampingnya, karena lokasi rumah disampingnya berdempetan," kata Pak Ade, tetangga keluarga almarhum Haji Onih.

Dugaan kebakaran berasal dari konsleting kabel listrik yang berasal dari rumah belakang, karena tiada seorangpun yang tinggal di rumah tersebut sampai sejumlah warga terpaksa membobol pintu pagar karena terkunci, untuk mennghalau api yang membumbung tinggi.
petugas kebakaran merasa kerepotan karena lokasi rumah yang terkunci. Dari hasil pantuan dilapangan koran online media nurani sumedang, jumlah yang terbakar ada 3 buah yaitu rumah utama dan dua rumah di belakangnya. Api membabat habis apa-apa yang ada di dalam rumah tersebut.
Dua Mobil Damkar (Pemada Kebakaran) milik Pemda Kota Sumedang dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

Bencana kebakaran adalah setiap peristiwa bencana yang disebabkan karena kebakaran dan dapat menimbulkan kerugian materiil maupun korban jiwa, gangguan kesehatan dan lingkungan.

Menurut Kep. Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah No. 534/KPTS/M/2001, tentang Pedoman standar Penentuan Standar Pelayanan Minimal Bidang Penataan Ruang, Perumahan dan permukiman Pekerjaan Umum
Untuk fasilitas kebutuhan pemadam kebakaran dengan cakupan satuan wilayah kabaputen/Kota maka minimal tersedia Hidran Kota pada jarak 200 m di tepi jalan,  namun Hidran kota belum cukup tersedia pada setiap lingkungan perkotaan.

"Kebakaran akhir-akhir ini sering terjadi di wilayah sumedang seperti kebakaran hutan tampomas,  kebakaran pasar situraja, kebakaran dekat pasar sumedang kota, kebakaran rumah di cimalaka, kebakaran rumah salon inge dan hari ini di panyingkiran" kata petugas Damkar.

“Sebenarnya Damkar Sumedang mempunyai 4 mobil damkar namun hanya 3  armada yang berjalan dan satu peremajaan, apalagi tidak semua armada bisa dipergunakan. Padahal luas area Sumedang sangat luas dari tempat ke tempat sangat jauh. Belum lagi ketika kebakaran terjadi di wilayah kehutanan yang memerlukan kekuatan mobil untuk sampai ke lokasi,” ujarnya.

"Seharusnya ada perhatian lebih kepada pemadam kebakaran mengingat tugas pemadam kebakaran adalah untuk melayani kepentingan umum, dan harus melakukan tugas dengan cepat dan untuk menanggulangi musibah kebakaran yang dialami oleh warga" imbuhnya pula.(dediesmd).











Baca Selanjutnya ► | komentar

PKS Sumedang Pedaftar Pertama Serahkan 50 Caleg ke KPU

Rabu, 10 April 2013


Sumedang Kota - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaptarkan 50 calon legislatif (Caleg) DPRD Sumedang ke KPU dengan naik lima becak dan satu delman, Selasa 9 April 2013. “Kami mendaftarkan 100 persen caleg di semua daerah pemilihan dan keterwakilan perempuannya mencapai 35 persen atau melebihi kuota 30 persen,” kata Ridwan Solichin, Ketua DPD PKS saat menyerahkan daftar caleg.

Menurutnya, pencalonan di PKS itu berasal dari kader dan tidak ada calon dari ekternal. “PKS tidak membuka pendaftaran untuk caleg ini dan semua yang maju itu kader. PKS mendaftarkan serempak di hari pertama pendaftaran,” katanya.

Ridwan mengaku PKS menargetkan meraih 12 kursi di DPRD dan meraih dua kursi di setiap daerah pemilihan yang berjumlah enam. “Kami menargetkan dapat dua kursi di setiap daerah pemilihan,” katanya.

Penyerahan caleg PKS ini diterima Ketua dan anggota KPU di aula. “KPU akan memeriksa kelengkapan dokumen calon legislatif ini dan kami meminta nanti kami akan mengontak kalau ada kekurangan yang harus dilengkapi,” kata Asep Kurnia, Ketua KPU.

Penerimaan pendaftaran caleg ini akan ditutup KPU pada 22 April nanti. Untuk penerimaan pendaftaran ini KPU menyiapkan ruangan khusus di aula dan ada mimbar tempat pimpinann parpol menggelar jumpa pers. [media center]
Baca Selanjutnya ► | komentar

POST SEBELUMNYA

PENGUNJUNG

 
Copyright © 2014. Media Nurani Sumedang - All Rights Reserved